LEADERSHIP

Minggu, 11 Maret 2012

SUARA DI PERSIMPANGAN JALAN



Iron stock, control social dan Agent of change, hal ini yang menjadi hakikat peran dan fungsi sebagai mahasiswa. Mahasiswa merupakan miniature dari masyarakat intelektual yang memiliki beragam gagasa-gagasan, ide-ide, yang penuh dengan kreatifitas dalam mewujudkan TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI, yakni : pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pergerakan yang dinamika dan dinamis didalam kampus dan kampus merupakan suatu tempat untuk pengembangan diri yang memberikan perubahan sikap, perilaku dan pola pikir serta melahirkan mahasiswa menjadi kaum pemikir bebas dan intelekrual.
Lahir dengan pemikiran-pemikiran mulia dan intelektual, menjadi pemimpin-peminpin tangguh yang kritis dengan kondisi bangsanya, mahasiswa menggenggam harapan kecil masyarakat yang menjadi tumpuan untuk dapat merubah kondisi bangsa saat ini yang semakin rumit dari berbagai aspek, pendidikan, ekonomi, politik, sandang pangan serta kesehatan.  Menjadi garda terdepan dalam mengawal serta melakukan perubahan yang diimpikan oleh masyarakat merupakan kewajiban bagi mahasiswa. Hal ini yang menjadi kan mahasiswa seuatau golongan yang “eksklusif”.
Permasalahan yang semakin rumit dalam bangsa ini menjadi suatu keharusan bagi mahasiswa untuk berfikir dan melakukan suatu perubahan ketika kebijakan – kebijakan yang dibuat merugikan masyarakat. Unjuk rasa atau demonstrasi merupakan suatu gerakan protes yang sering dilakukan warga khususnya mahasiswa untuk menyampaikan pendapat mereka. Unjuk rasa yang lebih akrab disebut dengan demo yang dilakukan mahasiswa sering kali berujung bentrok dengan aparat pemerintah. Terkadang bentrok yang terjadi tidak bisa dihindarkan karena emosi dari mahasiswa pada saat mereka orasi tidak terkendalikan. Namun tidak boleh melupakan akan tujuan dari demo tersebut.

Saat ini bangsa kita sedang dalam situasi yang rumit. Banyak sekali permasalahan dari berbagai aspek yang merugikan bangsa. Mahasiswa yang merupakan generasi muda yang akan meneruskan roda pemerintahan dibangsa ini harus peka kritis dalam setiap permasalahan yang ada. Memahami sesungguhnya apa yang terjadi di Negara ini. Pemuda lah yang akan menjadi garda terdepan dalam bangsa ini. Maka marilah kita belajar dari sejarah yang memberikan kemerdekaan untuk Negara Indonesia.
“Beri aku sepuluh pemuda, aku akan mengguncang dunia” (Ir. Soekarno).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar